Blog Purba Purba

Informasi terkini dan terupdate tentang harga, contoh, model terbaru

Info Harga Besi Melonjak Drastis Saat Ini Pengaruhi Kontraktor

Info Harga Besi Melonjak Drastis Saat Ini Pengaruhi Kontraktor - Para kontraktor sekarang mesti sebisa mungkin memanfaatkan tarif anggaran pembangunan proyek cocok kontrak yang telah disepakati. Karena, harga material besi mengalami kenaikan hingga 50 persen.

Direktur CV Utama Karya Kusmanto mengatakan, harga besi yang semula Rp 6 ribu per kilogram pada Mei lalu terus merangkak naik. Sedikitnya dalam waktu kurang dari 4 bulan sudah terjadi enam kali kenaikan. Harga besi beton dikala ini sudah menempuh Rp 9.150 per kilogram, atau naik sekitar 50 persen dibanding Mei lalu.

Kenaikan diperkirakan terus terjadi. Diakui cukup merepotkan, sebab kenaikannya lumayan besar. Apalagi besi beton sebagai material utama. Terakhir Kusmanto membeli besi beton masih seharga Rp 7.700 dan Rp 8.300 per kilogram.

Meskipun untuk pembangunan dua jembatan di ruas Jalan Desa Burikan, Kecamatan Kota - Desa Bacin, Kecamatan Bae, serta jembatan di ruas Jalan Kaluwungu, Kecamatan Kaliwungu - Getasrabi Kecamatan Gebog, masih butuh sekitar dua ton besi. ”Ketika ini harganya telah menempuh Rp 9.150 perkilogram. Tetapi untuk material lain harganya relatif. Nggak ada dilema,” katanya.

Menurutnya, besi merupakan salah satu material penting dan menyedot banyak anggaran. Bahkan untuk pembangunan jalan beton. Sebanyak 50 persen tarif anggaran dialokasikan untuk besi beton. Sedang 50 persen lainnya untuk cor beton dan energi kerja. harga alderon

Risiko melambungnya harga besi beton diperkirakan akan berdampak pada pelaksanaan kegiatan yang dibiayai APBD perubahan. Kalau tak ada kebijakan dinas untuk menaikkan HPS, maka akan memberatkan rekanan.

Info Harga Besi Melonjak Drastis Saat Ini Pengaruhi Kontraktor


Hal senada juga dinyatakan Komisaris PT Mega Karya Jaya, Ahmad Fatoni. Dia mempersembahkan, banyak rekanan menjerit akibat kenaikan besi beton yang mencapai lebih 50 persen, dari Rp 6.000 pada Mei lalu sekarang telah di atas Rp 9.000 per kilogram. ”Galagar baja (IWF) naik lebih dari 30 persen, dari sebelumnya Rp 8.000, kini sudah mencapai Rp 11 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Dikala ini melaksanakan proyek Pembangunan Pasar Hewan di kawanan jalan lingkar tenggara, masuk Desa Gulang Mejobo dengan nilai sekitar Rp 15 miliar. Proyek diawali awal Agustus lalu seharusnya rampung akhir Desember. Meski material besi beton dan Gelagar baja naik, pihaknya tetap bertanggung jawab untuk memecahkannya. Itu risiko pekerjaan.

Dia mengaku, tidak lagi berhitung apakah nanti masih menerima profit. Yang penting proyek jadi cocok perjanjian kontrak. Untuk menjaga kredibilitas, karena kalau tidak dilakukan berisiko di-blacklist. ”Kenaikan material tak bisa kami hindari. Kami tetap konsentrasi pekerjaan, walaupun kenaikan material bangunan berisiko menyebabkan kerugian,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Biasa dan Perapihan Ruang Sam\'ani Intakoris mengatakan, kenaikan Gelagar Baja dan Besi Beton antara 25-30 persen. ”Tapi rekanan tetap semestinya mengerjakan layak kontrak, sedangkan dikala ini harga material mengalami kenaikan,” katanya.

Data yang diperoleh Pos Kupang di Kios Roland, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (2/7/2009), harga besi beton beraneka ukuran sampai sekarang belum stabil. Bahan bangunan yang satu ini sering mengalami perubahan secara tiba-tiba.
Pemilik Toko Rolan yang tidak berkeinginan ditulis namanya menuturkan, harga besi hollow berjenis-jenis ukuran memiliki harga yang berbeda antara satu dengan yang lain. Ia merincikan, harga besi beton ukuran 6 mili Rp 19.000,00 per staf, ukuran 8 mili Rp 32.000,00/staf, ukuran 10 mili Rp 49.000,00/staf dan ukuran 12 mili Rp 85.000,00/staf.

Dia menuturkan, beberapa bulan lalu harga besi beton sempat turun. Dan dikala ini, harga tersebut masih bertahan atau tak mengalami perubahan. \"Cuma saja kami senantiasa waspada, sebab harga bahan bangunan itu tidak stabil. Harganya berubah-ubah pantas permintaan pasar,\" ujarnya. atap spandek

Seputar semen, ia mengatakan, harganya masih stabil, walau beberapa waktu lalu sempat terjadi kenaikan. \"Harga semen yang kami jual semen Gresik, Bosowa dan Toga Roda dengan harga semua rata-rata sama, Rp 38.000,00/zak,\" ujarnya.
Secara terpisah, pemilik Warung Wijaya Bangunan, yang juga tak berkeinginan disebutkan namanya, mengatakan, harga besi beton yang dipasarkan merupakan harga standar. Tetapi ia juga senantiasa mencontoh perkembangan harga spandek warna.

Tentang harga besi beton, ia merincikan besi beton berukuran 6 mili Rp 20.000,00/staf, ukuran 8 mili Rp. 36.000,00/staf. Padahal besi beton ukuran 10 mili seharga Rp 55.000,00/staf dan yang berukuran 12 mili Rp. 70.000,00/staf. \"Harga bahan bangunan ketika ini masih seperti lazim. Tergantung permintaan pasar. Kami juga bahan bangunan ini pantas harga yang sudah ditentukan sehingga tidak menimbulkan situasi sulit,\" ujarnya.

Info Harga Toko Besi Murah | Info Harga Besi Melonjak Drastis Saat Ini Pengaruhi Kontraktor

ASIA Jaya Steel

Email : salesasiajaya@gmail.com

WA 1 : 085222140109

WA 2 : 087782822218

Baca juga:

0 comments



Emoticon