Blog Purba Purba

Informasi terkini dan terupdate tentang harga, contoh, model terbaru

Info Harga Besi Naik Drastis Saat Ini Pengaruhi Kontraktor

Info Harga Besi Naik Drastis Saat Ini Pengaruhi Kontraktor - Para kontraktor kini seharusnya sebisa mungkin memanfaatkan biaya anggaran pembangunan proyek cocok kontrak yang telah disepakati. Sebab, harga material besi mengalami kenaikan hingga 50 persen.

Direktur CV Utama Karya Kusmanto mengatakan, harga besi yang semula Rp 6 ribu per kilogram pada Mei lalu terus merangkak naik. Sedikitnya dalam waktu kurang dari 4 bulan sudah terjadi enam kali kenaikan. Harga besi beton ketika ini telah mencapai Rp 9.150 per kilogram, atau naik sekitar 50 persen dibanding Mei lalu.

Kenaikan diperkirakan terus terjadi. Diakui cukup merepotkan, sebab kenaikannya lumayan besar. Apalagi besi beton sebagai material utama. Terakhir Kusmanto membeli besi beton masih seharga Rp 7.700 dan Rp 8.300 per kilogram.

Meski untuk pembangunan dua jembatan di ruas Jalan Desa Burikan, Kecamatan Kota - Desa Bacin, Kecamatan Bae, serta jembatan di ruas Jalan Kaluwungu, Kecamatan Kaliwungu - Getasrabi Kecamatan Gebog, masih butuh sekitar dua ton besi. ”Saat ini harganya telah mencapai Rp 9.150 perkilogram. Tapi untuk material lain harganya relatif. Nggak ada dilema,” katanya.

Menurutnya, besi ialah salah satu material penting dan menyedot banyak anggaran. Malahan untuk pembangunan jalan beton. Sebanyak 50 persen tarif anggaran dialokasikan untuk besi beton. Sedang 50 persen lainnya untuk cor beton dan energi kerja. harga alderon

Risiko melambungnya harga besi beton diperkirakan akan berimbas pada pelaksanaan kegiatan yang dibiayai APBD perubahan. Jika tidak ada kebijakan dinas untuk menaikkan HPS, karenanya akan memberatkan rekanan.

Info Harga Besi Naik Drastis Saat Ini Pengaruhi Kontraktor


Hal senada juga dinyatakan Komisaris PT Mega Karya Jaya, Ahmad Fatoni. Ia menyampaikan, banyak rekanan menjerit pengaruh kenaikan besi beton yang mencapai lebih 50 persen, dari Rp 6.000 pada Mei lalu kini sudah di atas Rp 9.000 per kilogram. ”Galagar baja (IWF) naik lebih dari 30 persen, dari sebelumnya Rp 8.000, kini telah menempuh Rp 11 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Ketika ini melaksanakan proyek Pembangunan Pasar Binatang di kawanan jalan lingkar tenggara, masuk Desa Gulang Mejobo dengan poin sekitar Rp 15 miliar. Proyek diawali permulaan Agustus lalu semestinya rampung akhir Desember. Meski material besi beton dan Gelagar baja naik, pihaknya konsisten bertanggung jawab untuk menyelesaikannya. Itu risiko profesi.

Ia mengaku, tak lagi berhitung apakah nanti masih mendapatkan profit. Yang penting proyek jadi layak perjanjian kontrak. Untuk menjaga kredibilitas, karena bila tidak dikerjakan berisiko di-blacklist. ”Kenaikan material tidak dapat kami hindari. Kami tetap fokus pekerjaan, sedangkan kenaikan material bangunan berisiko menyebabkan kerugian,” katanya.

Kepala Dinas Profesi Lazim dan Penataan Ruang Sam\'ani Intakoris mengatakan, kenaikan Gelagar Baja dan Besi Beton antara 25-30 persen. ”Tapi rekanan tetap mesti melakukan sesuai kontrak, meski dikala ini harga material mengalami kenaikan,” katanya.

Data yang didapatkan Pos Kupang di Warung Roland, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (2/7/2009), harga besi beton beragam ukuran sampai kini belum stabil. Bahan bangunan yang satu ini sering kali mengalami perubahan secara tiba-tiba.
Pemilik Kios Rolan yang tidak berkeinginan ditulis namanya menuturkan, harga besi hollow pelbagai ukuran memiliki harga yang berbeda antara satu dengan yang lain. Ia merincikan, harga besi beton ukuran 6 mili Rp 19.000,00 per staf, ukuran 8 mili Rp 32.000,00/staf, ukuran 10 mili Rp 49.000,00/staf dan ukuran 12 mili Rp 85.000,00/staf.

Dia menuturkan, beberapa bulan lalu harga besi beton sempat turun. Dan dikala ini, harga hal yang demikian masih bertahan atau tak mengalami perubahan. \"Hanya saja kami senantiasa waspada, sebab harga bahan bangunan itu tidak stabil. Harganya berubah-ubah sesuai permintaan pasar,\" ujarnya. atap spandek

Perihal semen, ia mengatakan, harganya masih stabil, walau beberapa waktu lalu sempat terjadi kenaikan. \"Harga semen yang kami jual semen Gresik, Bosowa dan Toga Roda dengan harga semua rata-rata sama, Rp 38.000,00/zak,\" ujarnya.
Secara terpisah, pemilik Kios Wijaya Bangunan, yang juga tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan, harga besi beton yang dijual adalah harga standar. Melainkan ia juga senantiasa meniru perkembangan harga spandek warna.

Seputar harga besi beton, dia merincikan besi beton berukuran 6 mili Rp 20.000,00/staf, ukuran 8 mili Rp. 36.000,00/staf. Padahal besi beton ukuran 10 mili seharga Rp 55.000,00/staf dan yang berukuran 12 mili Rp. 70.000,00/staf. \"Harga bahan bangunan ketika ini masih seperti biasa. Tergantung permintaan pasar. Kami juga bahan bangunan ini sesuai harga yang telah diatur sehingga tidak memunculkan persoalan,\" ujarnya.

Info Harga Toko Besi Murah | Info Harga Besi Naik Drastis Saat Ini Pengaruhi Kontraktor

ASIA Jaya Steel

Email : salesasiajaya@gmail.com

WA 1 : 085222140109

WA 2 : 087782822218

Baca juga:

0 comments



Emoticon