Blog Purba Purba

Informasi terkini dan terupdate tentang harga, contoh, model terbaru

Viral Harga Besi Naik Drastis Saat Ini Pengaruhi Kontraktor

Viral Harga Besi Naik Drastis Saat Ini Pengaruhi Kontraktor - Para kontraktor kini patut sebisa mungkin memanfaatkan biaya anggaran pembangunan proyek sesuai kontrak yang sudah disepakati. Sebab, harga material besi mengalami kenaikan sampai 50 persen.

Direktur CV Utama Karya Kusmanto mengatakan, harga besi yang semula Rp 6 ribu per kilogram pada Mei lalu terus merangkak naik. Sedikitnya dalam waktu kurang dari 4 bulan sudah terjadi enam kali kenaikan. Harga besi beton dikala ini telah mencapai Rp 9.150 per kilogram, atau naik sekitar 50 persen dibanding Mei lalu.

Kenaikan diperkirakan terus terjadi. Diakui cukup merepotkan, karena kenaikannya lumayan besar. Apalagi besi beton sebagai material utama. Terakhir Kusmanto membeli besi beton masih seharga Rp 7.700 dan Rp 8.300 per kilogram.

Sedangkan untuk pembangunan dua jembatan di ruas Jalan Desa Burikan, Kecamatan Kota - Desa Bacin, Kecamatan Bae, serta jembatan di ruas Jalan Kaluwungu, Kecamatan Kaliwungu - Getasrabi Kecamatan Gebog, masih butuh sekitar dua ton besi. ”Saat ini harganya telah menempuh Rp 9.150 perkilogram. Melainkan untuk material lain harganya relatif. Nggak ada permasalahan,” katanya.

Menurutnya, besi merupakan salah satu material penting dan menyedot banyak anggaran. Bahkan untuk pembangunan jalan beton. Sebanyak 50 persen biaya anggaran dialokasikan untuk besi beton. Sedang 50 persen lainnya untuk cor beton dan kekuatan kerja. harga alderon

Risiko melambungnya harga besi beton diperkirakan akan berakibat pada progres aktivitas yang dibiayai APBD perubahan. Bila tidak ada kebijakan dinas untuk menaikkan HPS, karenanya akan memberatkan rekanan.

Viral Harga Besi Naik Drastis Saat Ini Pengaruhi Kontraktor


Hal senada juga diucapkan Komisaris PT Mega Karya Jaya, Ahmad Fatoni. Dia menyajikan, banyak rekanan menjerit dampak kenaikan besi beton yang menempuh lebih 50 persen, dari Rp 6.000 pada Mei lalu kini sudah di atas Rp 9.000 per kilogram. ”Galagar baja (IWF) naik lebih dari 30 persen, dari sebelumnya Rp 8.000, kini sudah menempuh Rp 11 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Dikala ini melaksanakan proyek Pembangunan Pasar Binatang di kawanan jalan lingkar tenggara, masuk Desa Gulang Mejobo dengan poin sekitar Rp 15 miliar. Proyek dimulai awal Agustus lalu patut rampung akhir Desember. Walaupun material besi beton dan Gelagar baja naik, pihaknya konsisten bertanggung jawab untuk memecahkannya. Itu risiko profesi.

Dia mengaku, tak lagi berhitung apakah nanti masih menerima keuntungan. Yang penting proyek jadi sesuai perjanjian kontrak. Untuk menjaga kredibilitas, sebab jika tak dilaksanakan berisiko di-blacklist. ”Kenaikan material tak bisa kami hindari. Kami tetap konsentrasi profesi, sedangkan kenaikan material bangunan berisiko menyebabkan kerugian,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Awam dan Penataan Ruang Sam\'ani Intakoris mengatakan, kenaikan Gelagar Baja dan Besi Beton antara 25-30 persen. ”Tetapi rekanan konsisten mesti menjalankan cocok kontrak, walaupun ketika ini harga material mengalami kenaikan,” katanya.

Data yang didapatkan Pos Kupang di Warung Roland, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (2/7/2009), harga besi beton berbagai ukuran sampai sekarang belum stabil. Bahan bangunan yang satu ini kerap kali mengalami perubahan secara tiba-tiba.
Pemilik Kios Rolan yang tak ingin ditulis namanya menuturkan, harga besi hollow bermacam ukuran mempunyai harga yang berbeda antara satu dengan yang lain. Dia merincikan, harga besi beton ukuran 6 mili Rp 19.000,00 per staf, ukuran 8 mili Rp 32.000,00/staf, ukuran 10 mili Rp 49.000,00/staf dan ukuran 12 mili Rp 85.000,00/staf.

Dia menuturkan, sebagian bulan lalu harga besi beton sempat turun. Dan saat ini, harga hal yang demikian masih bertahan atau tak mengalami perubahan. \"Cuma saja kami senantiasa waspada, sebab harga bahan bangunan itu tak stabil. Harganya berubah-ubah layak permintaan pasar,\" ujarnya. atap spandek

Tentang semen, dia mengatakan, harganya masih stabil, walau beberapa waktu lalu sempat terjadi kenaikan. \"Harga semen yang kami jual semen Gresik, Bosowa dan Toga Roda dengan harga semua rata-rata sama, Rp 38.000,00/zak,\" ujarnya.
Secara terpisah, pemilik Kios Wijaya Bangunan, yang juga tak berharap diceritakan namanya, mengatakan, harga besi beton yang dipasarkan yakni harga standar. Tapi dia juga senantiasa mengikuti perkembangan harga spandek warna.

Seputar harga besi beton, ia merincikan besi beton berukuran 6 mili Rp 20.000,00/staf, ukuran 8 mili Rp. 36.000,00/staf. Walaupun besi beton ukuran 10 mili seharga Rp 55.000,00/staf dan yang berukuran 12 mili Rp. 70.000,00/staf. \"Harga bahan bangunan saat ini masih seperti awam. Tergantung permintaan pasar. Kami juga bahan bangunan ini sesuai harga yang telah diatur sehingga tidak menimbulkan masalah,\" ujarnya.

Info Harga Toko Besi Murah | Viral Harga Besi Naik Drastis Saat Ini Pengaruhi Kontraktor

ASIA Jaya Steel

Email : salesasiajaya@gmail.com

WA 1 : 085222140109

WA 2 : 087782822218

Baca juga:

0 comments



Emoticon